Powered By Blogger

Selamat datang

Santai dan bernilai tambah.....itu penting bukan? Mari berbagi ilmu dan kebahagian

Kamis, 06 Mei 2010

GCG Inside

GCG Inside

Oleh Bambang Widodo, QIA

Mungkin beberapa teman pernah membaca atau melihat tulisan ” GCG Inside Indofarma, Ready for GCG” di sebuah stiker ataupun pin, tulisan itu tentu seharusnya bukan sekedar slogan kita. Nah, agar tidak sekedar slogan, penulis akan mencoba menggali bagaimana GCG dapat menjiwai seluruh insan Indofarma dalam menjalankan operasional perusahaan dan pergaulan antar karyawan.

Berikut beberapa hal yang penulis ingatkan dan perlu kita lakukan dalam implementasi GCG antara lain :

1. Direksi dan Komisaris sebagai manajemen puncak, harus memiliki komitmen penuh dalam implementasinya.

Mereka harus menjadikan GCG benar-benar sebagai budaya yang hidup dan berlaku di perusahaan. Pimpinan puncak dituntut selalu mengambil keputusan berdasarkan asas kepatuhan. Peraturan dan etika bisnis harus menjadi acuan dalam perumusan dan pengambilan keputusan.

2. Manajemen puncak perlu mengomunikasikan kepada seluruh karyawan akan pentingnya GCG dan manfaat yang dapat diperoleh dengan menerapkan GCG. Mendemonstrasikan atau memberikan contoh perilaku berbasis GCG dalam aktivitas keseharian oleh manajemen atau Tone from the top adalah bentuk komunikasi yang terbaik karena menjadi teladan bagi seluruh karyawan di bawahnya.

3. Penerapan etika bisnis secara konsisten.

Hal ini akan dapat mewujudkan iklim usaha yang sehat, efisien dan transparan. Etika bisnis ini perlu diterapkan dalam setiap aktivitas usaha perusahaan, baik itu dalam berinteraksi antara sesama pengurus perusahaan, dengan pemegang saham, regulator, rekanan (baik itu supplier maupun customer), dan juga dengan masyarakat.

4. Membangun budaya

Inti penerapan GCG ada pada kesadaran, komitmen penuh dan integritas individu. Memperoleh komitmen dari semua pihak merupakan bagian tersulit dalam penerapan CGC.

Hal tersebut di atas oleh PT Indofarma sudah dituangkan dalam beberapa pedoman sebagai bentuk komitmen kuat dari seluruh insan Indofarma untuk membangun dan menerapkan praktik-praktik tata kelola perusahaan yang baik. Hal tersebut diindikasikan dengan telah dimilikinya kebijakan GCG, yakni telah disusun dan disosialisasikannya buku-buku seperti :

1. Pedoman tata kelola perusahaan (code of corporate goveranance)

2. Pedoman perilaku ( code of conduct)

3. Pedoman Direksi & Dewan Komisaris (board manual)

4. Charter Komite Audit

5. Charter SPI

6. Pedoman Penyusunan annual report

Adapun masalah penerapan GCG dilingkungan BUMN dan BUMD mempunyai tujuan sesuai KEPMEN BUMN No. KEP-117/M-MBU/2002 tgl 1 Agustus 2002 pada pasal 4, yaitu :

a. Memaksimalkan nilai BUMN dengan cara meningkatkan prinsip keterbukaan, akuntabilitas, dapat dipercaya, bertanggungjawab, dan adil agar perusahaan memiliki daya saing yang kuat, baik secara nasional maupun internasional;

b. Mendorong pengelolaan BUMN secara profesional, transparan dan efisiensi, serta memberdayakan fungsi dan meningkatkan kemandirian organ;

c. Mendorong agar organ dalam membuat keputusan dan menjalankan tindakan dilandasi nilai moral yang tinggi dan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undang yang berlaku, serta kesadaran akan adanya tanggungjawab sosial BUMN terhadap stakeholders maupun kelestarian lingkungan di sekitar BUMN;

d. Meningkatkan kontribusi BUMN dalam perekonomian nasional;

e. Meningkatkan iklim investasi nasional;

f. Mensukseskan program privatisasi.

Perlu diketahui belum lama ini PT Indofarma meminta kembali BPKP untuk melakukan assesment (penilaian) penerapan GCG yang bersifat independen dengan berfokus pada lima aspek yaitu :

1. Aspek hak dan tanggung jawab pemegang saham

2. Aspek kebijakan GCG

3. Aspek penerapan GCG

4. Aspek pengungkapan informasi (disclosure)

5. Aspek komitmen

Skor kita pada 2009 lebih baik (yakni sebesar 77) dibanding 2006 (yang sebesar 71,53) mengingat perkembangan waktu yang mendewasakan kita atas pemahaman GCG secara menyeluruh dan sudah ada perbaikan atas area of improvement hasil assesment (penilaian) BPKP tahun 2006.

Seluruh aspek yang diterapkan oleh perusahaan tergantung kesadaran, komitmen dan integritas dari para pemimpin perusahaan dan seluruh stakeholders dan shareholders. GCG atau corporate governance adalah proses untuk mencapai tujuan perusahaan, dan bukan merupakan tujuan akhir dari sebuah perusahaan. Sehingga GCG inside adalah slogan yang tepat untuk digalang kembali kesadarannya di dalam aktivitas keseharian di lingkungan kerja kita sehingga tidak sekedar slogan. Do we GCG Inside? .

Tidak ada komentar: